Home » » KBRI Kairo Pulangkan 13 TKI Bermasalah

KBRI Kairo Pulangkan 13 TKI Bermasalah


Sebanyak 13 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berada di Kairo, Mesir dipulangkan ke Indonesia. Mereka dipulangkan karena tidak memiliki kelengkapan dokumen dan tak memiliki izin tinggal di Mesir sejak 29 November 2015.
Menurut Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Kairo Windratmo Suwarno, TKI yang dipulangkan rata-rata mereka yang belum menerima gaji. Selain itu juga para TKI yang mendapatkan berbagai masalah.
"Mereka yang dipulangkan juga yang mengalami tindakan pelecehan dan tindakan kekerasan oleh majikan, mengidap penyakit TBC dan penyakit Hepatitis B dan jatuh dari lantai 5 karena melarikan diri," kata Windratmo seperti dilansir detikcom, Senin (30/11/2015).
Sebelum melakukan pemulangan terhadap para TKI, KBRI Kairo terlebih dahulu melakukan kegiatan penggalangan dan fasilitas pelayanan bagi para WNI yang bekerja di sektor informal. Agar setelah kembali ke Tanah Air, mereka bisa diberdayakan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).
"Banyak dari para TKI informal atau ilegal yang berada di Mesir yang tidak minta untuk segera pulang ke Indonesia mengingat bahwa mereka sudah memiliki majikan yang baik dan mendapatkan gaji di atas USD 600," tuturnya.
Hal itulah yang kemudian menjadi kendala dalam pemulangan para TKI dari Mesir. Meski banyak TKI yang tak memiliki dokumen lengkap, Pemerintah Mesir tidak melarang mereka untuk bekerja di negaranya.
Thanks for reading KBRI Kairo Pulangkan 13 TKI Bermasalah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment